Grup Penelitian

Riset Group

1. Drone Research Centre (DRC)

DRC merupakan tempat penelitian dan penyaluran bakat mahasiswa dengan menggunakan drone. TI UMY memiliki beberapa unit drone DJI Phantom Profesional 3. Drone ini menggunakan teknologi tinggi, salah satunya dilengkapi sistem cerdas. DRC memiliki agenda rutin untuk melakukan penelitian serta kegiatan survei di lokasi-lokasi menarik untuk menambah pengalaman. Sudah banyak hasil karya mahasiswa yang dihasilkan dalam bentuk image, video, dan aplikasi.

2. Business Intelligent Research Group (BIRG)

Group Riset ini berfokus pada teori dan aplikasi sistem yang memahami, alasan, belajar, dan bertindak secara cerdas. Tujuan dari kelompok ini adalah untuk menciptakan sistem cerdas di berbagai bidang seperti gudang data, penambangan data, sistem pendukung keputusan dan bidang lainnya.

3. HCI Research Group

Kelompok penelitian Human Computer Interaction (HCI) berfokus untuk mempelajari, mengeksplorasi, merencanakan, dan merancang interaksi antara pengguna dan komputer. Topik penelitian yang terkait dengan HCI akan berusaha menyediakan teori, aplikasi, atau evaluasi semua kosakata / konsep yang diperlukan untuk membangun model pemecahan masalah manusia dengan komputer.
Kelompok riset ini secara unik menerapkan adopsi pengalaman pengguna yang lebih baik, rekayasa perangkat lunak yang lebih baik untuk mengembangkan dan mengusulkan perangkat lunak yang lebih baik untuk kehidupan manusia.

4. Pervasive and Mobile Computing Group

Komputasi Pervasive atau Ubiquitous mengacu pada komputasi yang sudah tertanam dalam lingkungan fisik mereka. Dalam paradigma ini, perangkat yang disematkan akan disebarkan dan pengguna akan memiliki interaksi langsung dan transparan dengan sistem. Grup ini akan fokus ke sistem, algoritma, protokol, dan pemodelan perangkat lunak di Pervasif dan Komputasi Seluler. Beberapa perangkat keras seperti sensor, aktuator, dan perangkat komunikasi nirkabel akan digunakan secara ekstensif untuk mengeksplorasi lebih jauh.
Grup PMC memiliki kompetensi yang kuat dalam kerangka komputasi mobile, deteksi konteks, jaringan sensor nirkabel, pemrosesan sinyal probabilistik, dan fusi sensor.