Perkembangan teknologi dan pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia mempunyai kontribusi positif, terutama dalam kawasan pemanfaatan media internet untuk pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran TKA dan TPA di TKA-TPA Kecamatan Kasihan, pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran TKA dan TPA di TKA-TPA Kecamatan Kasihan, dan pengaruh dari e-learning moodle melalui motivasi terhadap hasil belajar di TKA dan TPA di TKA-TPA Kecamatan Kasihan. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran dengan e-learning moodle dan kelompok kontrol diberi pembelajaran dengan penyampaian materi melalui presentasi guru menggunakan lama secara klasikal. Populasi dalam pengabdian dan penelitian ini adalah peserta didik TKA dan TPA di TKA-TPA Kecamatan Kasihan. Rencana yang akan digunakan nanti berupa teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dengan pemberian tes tertulis dan metode non tes dengan pemberian angket. Data pengabdian dan penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan angket yang diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post) pembelajaran pada masing-masing kelompok sampel yang berlangsung sebanyak 12 kali pertemuan. Harapannya nanti dapat memperoleh hasil pengabdian/penelitian menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran TKA dan TPA di TKA-TPA Kecamatan Kasihan serta pengaruh e-learning moodle melalui motivasi terhadap hasil belajar TKA dan TPA yang signifikan dengan adanya peningkatan hasil belajar. Pada akhirnya diharapkan hasil uji hipotesis memberikan kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pada pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi dan hasil belajar santri pada mata pelajaran TKA dan TPA di TKA-TPA Kecamatan Kasihan.

 

pengabdian masyarakat skema program kemitraan masyrakat